Senin, 07 November 2022

 

Membenahi Manajemen Gudang

Permasalahan penataan barang telah dilakukan identifikasi dan perbaikan dalam sistem penataan barang. Diputuskan ada satu gudang yang dijadikan sebagai gudang pusat, dimana aktifitas terbanyak dari arus masuk barang dan keluar barang ditetapkan. Pengendalian sopir pengiriman menjadi lebih terkontrol. Pelayanan untuk penjualan retail, ditetapkan akan dilayani oleh gudang retail (manajemen memutuskan untuk sewa gudang ) yang berada di dekat lokasi area pelanggan retail. Semua pengaturan dipertimbangkan agar dapat memberikan layanan one day delivery sebagai strategi perusahaan. Disamping itu pertimbangan cost efisiensi juga diperhitungkan karena margin semakin kecil akibat adanya persaingan yang meningkat.

Permasalahan di gudang lainnya, adalah keluhan petugas gudang. “mengapa perhitungan lembur kami dibedakan dengan sopir dan kernet pak?”, demikian Kepala Bagian Gudang memulai pembicaraan. Coba bapak jelaskan lebih detail. Perhitungan kami petugas di gudang hanya Rp 5000,00 per jam, tidak ada perhitungan untuk jam ke 2 dan seterusnya seperti yang tertera dalam Undang-Undang Tenaga Kerja. Sedangkan untuk sopir dan kernet masing-masing bisa mendapatkan Rp 100.000,00 per 3 jam lembur.  Bedanya jauh pak, kami hanya dapat Rp 15.000,00 untuk 3 jam lembur. Petugas gudang tetap loyal pak, mereka sudah memiliki masa kerja cukup lama, diatas 9 tahun, bahkan ada yang 18 tahun.

Belum lagi kami harus dipotong apabila terjadi selisih stock pak. Selisih 1 karton saja, nilainya minimal Rp 750.000,00 pak. Kami juga meminta pertanggung jawaban sopir untuk ikut menanggung selisih stock di gudang pak. Karena apabila sopir terjadi kekurangan barang ketika mengirimkan ke pelanggan maka mereka menghubungi pihak kami. Memang ada beberapa kasus barang kurang pak, karena kita kerja dengan manusia. Berarti kemungkinan barang lebih juga bisa, tetapi sopir tetap diam saja. Tidak pernah ada laporan barang lebih, tetapi selalu ada saja laporan barang kurang. Bagaimana bila tidak terjadi selisih stock ? apakah pihak manajemen memberikan incentive untuk petugas gudang? Petugas dan penanggung jawab gudang memang dapat Rp 1.000.000,00 tetapi bila ada selisih kami tidak mendapatkan incentive, tetapi harus bertanggung jawab atas selisih tersebut. Sekarang dengan cara kerja baru, kita sudah benahi bersama sistem penerimaan, bongkar-muat, penataan dan pengeluaran barang, maka peluang petugas gudang untuk mendapatkan incentive akan semakin besar dan peluang membayar akan kejadian selisih menjadi berkurang. Memang betul pak, tetapi kami minta bapak juga aturkan sistem imbal jasa dan tanggung jawabnya.

Dalam membenahi manajemen gudang, konsultan gudang bukan hanya membenahi sistem dan prosedur kerja (SOP) di gudang yang meliputi Sistem penerimaan barang, sistem penataan barang, sistem pengeluaran barang, perlakuan atas barang retur penjualan maupun pembelian, perlakuan atas barang rusak dan sarana kerja dan penempatan barang. Konsultan gudang juga perlu untuk memperhatikan manajemen SDM Gudang, untuk mempertahankan sistem kerja yang telah dilakukan perbaikan. Tentunya pihak manajemen tidak berkeberatan untuk membenahi sistem imbal jasa manakala kinerja gudang telah mengalami perbaikan dan terjadi efisiensi kerja.

Berbagi untuk bermanfaat.

Salam Sukses Selalu

Drs.Psi. Reksa Boeana

konsultasi hubungi : 08563221722 dapatkan peluang passive income 20%

materi active learning : http://www.activelearningsolution.blogspot.com

Pelatihan efisien efektif : https://activelearning.site Anda dapat membaca artikel untuk peningkatan produktifitas. Dapatkan peluang untuk menguasai materi Gudang dan peluang konsultasi free dengan Latihan berpikir active learning.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar