Minggu, 13 November 2022

 

Memperbaiki Penataan di Gudang Spareparts

Kita telah memahami bahwa fungsi gudang adalah untuk tempat menyimpan barang. Fungsi tempat penyimpanan menjadi optimal ketika semua orang mampu menggantikan petugas Gudang spareparts dan mampu berkinerja yang sama dengan petugas sebelumnya.

Ketika ada orang baru yang menggantikan dan mampu mencari barang yang ditemukan tanpa salah dan tidak lebih dari 3 menit, berarti Gudang telah diatur dengan system yang baik. System yang baik ditunjang oleh penataan dan disiplin yang tinggi. Tim audit dapat menguji, standarisasi kerja di Gudang dengan menentukan sampling barang yang akan dicari dan meminta orang yang bukan petuigas di Gudang untuk mencari barangnya.

Kita paham bahwa dalam 5 R , ada istilah Rapi. Rapi yaitu menempatkan barang pada tempatnya. Banyak orang menerapkan penataan yang rapi. Namun penataan rapi tidak akan bisa diwujudkan tanpa kegiatan Ringkas lebih dulu. Untuk menempatkan barang pada tempatnya, maka ciptakanlah tempat untuk setiap barang. Kuasa ada di atas, simbolnya adalah tempat atau penataan.

Gudang spareparts umumnya juga digunakan sebagai tempat menyimpan spareparts bekas. Ada bagian dari spareparts bekas yang masih dapat digunakan ketika dibutuhkan. Penempatan spareparts bekas harus terpisah dari sparepart baik, agar tidak mengacaukan stock sparepart. Kebanyakan petugas Gudang spareparts, mencampurkan antara spareparts bekas dan spareparts baik ( original ), agar memudahkan untuk mencari. Perlu diingat, yang mudah belum tentu benar, sedangkan yang benar sudah pasti memudahkan ( MANFAAT ).

Penataan di Gudang spareparts, sudah dapat diprediksikan karena penataan Gudang spareparts tergolong penataan fixed. Item nya cenderung tetap, dan jumlahnya juga cenderung bisa diprediksikan. Oleh karena itu, penataannya di dasarkan pada besar kecilnya spareparts., agar penempatannya menjadi optimal. Gudang spareparts umumnya, tidak disiapkan dengan luasan yang besar. Penataan van belt, misalnya harus diatur agar perbedaannya menjadi jelas, bukan ditata urut sehingga petugas pengambil nya tidak mengambil ukuran yang salah.

Diperlukan kamus untuk identifikasi barangnya karena umumnya peminta memiliki Bahasa sendiri Ketika membuat permintaan. Jika petugas baru akan mengalami kesulitan. Banyak juga pengelola Gudang spareparts, menempatkan kartu stock di lokasi penempatan, seperti diapotik. Tetapi lokasinya berbeda dengan apotik. Di apotik, orang bersedia menunggu dan petugas berada di ruangan ber AC. Sedangkan peminta spareparts tidak mau menunggu, mereka minta disegerakan, dan petugas Gudang berada dilokasi yang panas. Kedisiplinan dapat dipengaruhi oleh kondisi kerja. Kami akan sajikan artikel lain untuk menjelaskannya.

Salam Improvement.

Pelatihan efisien efektif : https://activelearning.site Anda dapat membaca artikel untuk peningkatan produktifitas. Dapatkan peluang untuk menguasai materi Gudang dan peluang konsultasi free dengan Latihan berpikir active learning.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar