Jumat, 07 September 2012

Konsultan Gudang


Banyak penawaran kerjasama dalam memperbaiki kinerja perusahaan. Bagaimana anda memilih konsultan untuk dapat membantu menyelesaikan permasalahan di gudang anda. Tentunya kebutuhan anda menentukan jasa konsultan manakah yang lebih tepat untuk dapat membantu anda dalam meningkatkan kinerja perusahaan anda.
1.       Konsultan sistem manajemen gudang
Banyak jasa penawaran warehouse management yang bekerja dibidang ini. Umumnya konsultan mendata permasalahan dan mengidentifikasi cara kerja dan prosedur yang berjalan di gudang anda. Melakukan perbaikan prosedur dan mendokumentasikan prosedur untuk dijadikan pedoman kerja. Umumnya mereka yang berpengalaman bidang manajemen ISO yang banyak memberikan penawaran pembuatan SOP (Standart Operating Procedure).

Mintalah pada konsultan gudang anda tentang permasalahan apakah yang akan dapat diselesaikan dan tak muncul kembali manakala cara kerja yang ditawarkan dipatuhi. Perusahaan telah menginvestasikan dana tidak sedikit namun bila permasalahan tersebut terulang kembali maka anda salah dalam menginvestasikan dana tersebut. Perusahaan yang telah mendapatkan sertifikasi manajemen ISO juga belum menjadi jaminan bahwa permasalahan di gudang anda mampu diselesaikan (umumnya pihak perusahaan yang hanya membutuhkan sertifikasi bukan manajemen mutu yang dapat diimplementasikan diperusahaan).

2.       Konsultan dalam optimalisasi penempatan barang di gudang.
Tak banyak konsultan gudang yang memberikan penawaran jasa ini. Mereka memberikan saran utilisasi penempatan barang di gudang anda dengan mengajukan disain penempatan. Mereka selain meminta data prosedur yang berjalan atau melakukan observasi prosedur kerja juga meminta data pembelian dan data penjualan untuk dapat memperkirakan kebutuhan penempatan barang. Konsultan menghitung kebutuhan meter lari rak penempatan barang (melalui suatu program) dengan memberikan data prosentase (%) utilisasi pemanfaatan ruang dari rak penempatan barang.

 Melalui penataan yang demikian maka perubahan dan pergeseran penempatan barang telah diantisipasi lebih dulu sehingga sistem dan prosedur dapat berjalan dengan baik karena  telah mempertimbangkan fluktuasi perubahan permintaan akan item barang. Atau menyarankan modifikasi rak dengan memberikan desain alternatif agar kapasitas penempatan barang dapat ditingkatkan sehingga prosedur kerja yang ditetapkan lebih dapat dijaga konsistensinya untuk dijalankan oleh petugas gudang. Bila anda perhatikan maka ruang kosong dilokasi rak penempatan barang semakin sedikit.

3.       Konsultan yang fokus pada peningkatan kinerja produktifitas gudang.
Konsultan bekerja dengan melakukan pengukuran produktifitas kinerja gudang. Merumuskan arah strategi perusahaan untuk unggul dan menjelaskan peranan gudang dalam mendukung strategi perusahaan. Konsultan melakukan pengukuran pengambilan barang, pengecekan, pengiriman, utilisasi penggunaan kendaraan dan bersama pihak manajemen menetapkan faktor-faktor yang berpengaruh dalam meningkatkan kinerja produktifitas.

Dengan penjelasan ini diharapkan pihak manajemen dapat memilih konsultan gudang sesuai dengan kebutuhan. Bagi konsultan gudang informasi ini menjadi pilihan karir, spesialisasi bidang jasa layanan warehouse management  dan mampu membentuk image positif terhadap konsultan. Salam sukses.....

Drs.Psi. Reksa Boeana
Executive Partner PT. Smart Business Solution

Tidak ada komentar:

Posting Komentar