Standart Operating Procedure adalah Prosedur Langkah Kerja
Standart untuk menghasilkan Hasil yang diharapkan. Standart berarti pedoman
kerja yang dibakukan. Suatu pedoman tentang cara kerja yang baik dan dijadikan
sebagai pola standart bagi pelaksanaan kegiatan kerja. Manfaat SOP bagi
Perusahaan adalah :
1. Panduan Kinerja Terbaik.
Dengan SOP maka perusahaan dapat melakukan standarisasi cara
kerja dari hasil praktek yang terbaik. SOP
dapat dijadikan panduan standart cara kerja untuk mendapatkan hasil kinerja
yang diharapkan. SOP sebagai pegangan untuk evaluasi kinerja bagi manajemen.
2. SOP sebagai pedoman bagi karyawan tentang kinerja yang
diharapkan.
Karyawan dapat memahami harapan tentang apa yang sebaiknya
dilakukan dalam melaksanakan tugasnya. SOP mempercepat karyawan dalam belajar
memahami standart cara kerja yang ditetapkan. Dengan ketentuan standart yang
jelas, mampu melindungi karyawan dari tindakan kurang tepat manakala hasil yang
diharapkan tidak dapat dicapai. SOP ciptakan kedamaian kerja dan hubungan yang
baik antara atasan dan bawahan.
3. SOP Menilai kinerja karyawan
Manakala hasil yang diharapkan tak tercapai maka pihak
manajemen perlu melakukan evaluasi kinerja. SOP sebagai pedoman dalam menilai
kinerja karyawan. Apakah karyawan telah memahami SOP dari proses kerja yang
dutugaskan? Apakah karyawan telah melakukan dengan tepat langkah kerja yang
distandarisasi dalam SOP ? Apakah SOPnya telah dibuat detail untuk menghasilkan
kinerja puncak? Apakah ada kesalahan dalam SOP yang mengandung makna cara kerja
yang kurang jelas bagi karyawan? Melalui SOP manajemen mendapatkan umpan balik
atas kinerja karyawan dan paham tentang langkah yang perlu dilakukannya.
4. SOP sebagai bahan ajar tentang cara kerja yang terbaik
SOP dapat dijadikan bahan pelatihan bagi karyawan baru.
Dengan adanya SOP maka diharapkan pelatihan menjadi lebih cepat, tepat dan
efisien. Penerapan SOP yang tepat mampu mengurangi kesalahan belajar karena
coba salah bagi karyawan baru. Kepatuhan karyawan terhadap SOP mampu mengurangi
tingkat kesalahan yang sama terulang kembali. Pembuatan SOP yang tepat, dengan
melakukan pengukuran kinerja terlebih dahulu dan melakukan standarisasi dari
praktek terbaik, mampu meningkatkan produktifitas dari 9% sampai 12%.
5. SOP sarana penelusuran ketidaksesuaian
SOP mempermudah manajemen dalam melakukan penelusuran atas
ketidaksesuaian yang terjadi. SOP mampu memilahkan tanggung jawab atas
pelaksanaan pekerjaan dan mengidentifikasi tentang Apa yang tidak dilakukan,
dimana penyimpangan itu terjadi dan apa yang menjadi penyebab masalah atau
ketidaksesuaian itu terjadi. Manajemen dapat berpegang pada SOP dalam melakukan
identifikasi atas ketidaksesuaian.
Lakukan penyusunan SOP yang tepat sehingga manfaat-manfaat
tersebut dapat diraih perusahaan dan membawa perusahaan pada kinerja yang baik
dalam melakukan persaingan bisnis yang semakin ketat. SOP bukan sekedar
tulislah apa yang biasa dilakukan, kerjakan apa yang telah dituliskan dan
buktikan bahwa itu telah dijalankan.
Salam Sukses Selalu, Berbagi untuk bisa mendatangkan
manfaat.
Drs.psi. Reksa Boeana
Executive Partner PT. Smart Business Solution
Tidak ada komentar:
Posting Komentar