Jumat, 12 Oktober 2012

Manfaat Standart Operating Procedure ( SOP) bagi Perusahaan



Standart Operating Procedure adalah Prosedur Langkah Kerja Standart untuk menghasilkan Hasil yang diharapkan. Standart berarti pedoman kerja yang dibakukan. Suatu pedoman tentang cara kerja yang baik dan dijadikan sebagai pola standart bagi pelaksanaan kegiatan kerja. Manfaat SOP bagi Perusahaan adalah :

1. Panduan Kinerja Terbaik.

Dengan SOP maka perusahaan dapat melakukan standarisasi cara kerja dari hasil praktek yang terbaik.  SOP dapat dijadikan panduan standart cara kerja untuk mendapatkan hasil kinerja yang diharapkan. SOP sebagai pegangan untuk evaluasi kinerja bagi manajemen.

2. SOP sebagai pedoman bagi karyawan tentang kinerja yang diharapkan.

Karyawan dapat memahami harapan tentang apa yang sebaiknya dilakukan dalam melaksanakan tugasnya. SOP mempercepat karyawan dalam belajar memahami standart cara kerja yang ditetapkan. Dengan ketentuan standart yang jelas, mampu melindungi karyawan dari tindakan kurang tepat manakala hasil yang diharapkan tidak dapat dicapai. SOP ciptakan kedamaian kerja dan hubungan yang baik antara atasan dan bawahan.

3. SOP Menilai kinerja karyawan

Manakala hasil yang diharapkan tak tercapai maka pihak manajemen perlu melakukan evaluasi kinerja. SOP sebagai pedoman dalam menilai kinerja karyawan. Apakah karyawan telah memahami SOP dari proses kerja yang dutugaskan? Apakah karyawan telah melakukan dengan tepat langkah kerja yang distandarisasi dalam SOP ? Apakah SOPnya telah dibuat detail untuk menghasilkan kinerja puncak? Apakah ada kesalahan dalam SOP yang mengandung makna cara kerja yang kurang jelas bagi karyawan? Melalui SOP manajemen mendapatkan umpan balik atas kinerja karyawan dan paham tentang langkah yang perlu dilakukannya.

4. SOP sebagai bahan ajar tentang cara kerja yang terbaik

SOP dapat dijadikan bahan pelatihan bagi karyawan baru. Dengan adanya SOP maka diharapkan pelatihan menjadi lebih cepat, tepat dan efisien. Penerapan SOP yang tepat mampu mengurangi kesalahan belajar karena coba salah bagi karyawan baru. Kepatuhan karyawan terhadap SOP mampu mengurangi tingkat kesalahan yang sama terulang kembali. Pembuatan SOP yang tepat, dengan melakukan pengukuran kinerja terlebih dahulu dan melakukan standarisasi dari praktek terbaik, mampu meningkatkan produktifitas dari 9% sampai 12%.

5. SOP sarana penelusuran ketidaksesuaian

SOP mempermudah manajemen dalam melakukan penelusuran atas ketidaksesuaian yang terjadi. SOP mampu memilahkan tanggung jawab atas pelaksanaan pekerjaan dan mengidentifikasi tentang Apa yang tidak dilakukan, dimana penyimpangan itu terjadi dan apa yang menjadi penyebab masalah atau ketidaksesuaian itu terjadi. Manajemen dapat berpegang pada SOP dalam melakukan identifikasi atas ketidaksesuaian.

Lakukan penyusunan SOP yang tepat sehingga manfaat-manfaat tersebut dapat diraih perusahaan dan membawa perusahaan pada kinerja yang baik dalam melakukan persaingan bisnis yang semakin ketat. SOP bukan sekedar tulislah apa yang biasa dilakukan, kerjakan apa yang telah dituliskan dan buktikan bahwa itu telah dijalankan.

Salam Sukses Selalu, Berbagi untuk bisa mendatangkan manfaat.


Drs.psi. Reksa Boeana
Executive Partner PT. Smart Business Solution

Tidak ada komentar:

Posting Komentar